5 Contoh Teknologi Informasi, Pahami Kegunaannya



Saat ini tak bisa lagi dipungkiri bahwa keberadaan teknologi informasi sangatlah krusial untuk menunjang beragam aspek dalam hidup. Sebut saja untuk berkomunikasi, bekerja, belajar, berwirausaha hingga untuk mendapatkan hiburan pun tak lepas dari peran dan keberadaan teknologi informasi. 

Bahkan beberapa produk teknologi informasi bahkan sudah dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer manusia. Dalam lingkungan yang serba cepat ini, sangat penting untuk memahami bagaimana teknologi informasi dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan dan bisnis beserta apa saja contoh teknologi informasi yang dimaksud.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi (TI) adalah penggunaan komputer, penyimpanan, jaringan, infrastruktur, perangkat fisik lainnya dan proses untuk membuat, menyimpan, mengamankan dan menukar semua bentuk data elektronik.

Kebanyakan teknologi informasi digunakan dalam konteks operasi bisnis, meski ada juga yang digunakan untuk tujuan pribadi atau hiburan. Penggunaan teknologi informasi secara komersial meliputi teknologi komputer dan telekomunikasi.

Berikut 5 contoh teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Ponsel



Di era digital seperti sekarang, kamu pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. Ponsel bahkan dapat dikatakan sebagai tempat bertahan hidup setiap hari. Dari SMS hingga chatbox, ponsel cerdas secara virtual melakukan hampir segala hal untuk kita. Ponsel mempermudah kita untuk mendengar musik, bermain game, hingga melakukan pekerjaan. Keberadaan ponsel memiliki efek mendalam pada cara kita berbagi informasi, berkomunikasi dengan orang lain, dan cara apa yang kita pilih untuk rekreasi. Saking cepatnya perkembangan ponsel, salah satu perusahaan ponsel android yang berada di Jerman diklaim sebagai perusahaan yang memproduksi android paling aman di dunia. Serta baca juga cara merawat hp yang benar agar tidak cepat rusak.

2. Transaksi Keuangan



Berkat keajaiban teknologi informasi, kita dapat berbelanja online, membayar menggunakan kartu debit/kredit dan bahkan menggunakan layanan e-banking. Karena aktivitas keuangan membutuhkan informasi yang mengalir cepat sebagai prasyarat, teknologi informasi membuka jalan untuk penanganan dan transaksi data tanpa banyak kerumitan. Teknologi informasi tidak hanya membantu bisnis untuk meningkatkan efisiensi mereka tetapi juga terbukti berperan dalam meningkatkan sektor jasa keuangan.

3. Internet



Dari berbagi informasi hingga membentuk komunitas online, internet telah mengatur industri 4.0. Sebagian besar dapat kita lakukan dengan mudah berkat keberadaan internet yang sangat membantu.

4. E-commerce



Teknologi informasi selalu memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan penawaran terbaru dan terbaik dengan hanya mengklik tombol. Dari melacak pesanan hingga lebih banyak lagi, tren teknologi e-niaga dan m-niaga terus berupaya menuju kesempurnaan. E-commerce terbukti sangat bermanfaat bagi bisnis kecil maupun besar dalam menjual produk dan layanan mereka secara online. Contoh artis yang memiliki bisnis online yang memanfaatkan keberadaan e-commerce ini ada Ivan Gunawan dan Maya Septha. 

5. Sistem Navigasi yang Andal dan Inovatif



Teknologi navigasi telah berkembang jauh dari Global Positioning System (GPS) dan Global Navigation Satellite System (GNSS) berbasis ruang angkasa hingga teknologi zaman baru yang dapat memenuhi kebutuhan kendaraan yang sepenuhnya otonom seperti mobil tanpa pengemudi dan drone tak berawak. Menggabungkan semua aspek teknologi navigasi, tugas-tugas seperti pengawasan, pemetaan, logistik dan transportasi menjadi mudah dan efisien tak terbayangkan.

Itulah contoh teknologi informasi yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membongkar Keajaiban Teknologi Digital: Transformasi Mendalam di Era Modern

Pengertian Hard Disk: Otak Penyimpanan Data pada Komputer

Panduan Penggunaan Aplikasi Discord: Membangun Komunitas dan Berkomunikasi Lebih Efisien