5 Teknologi Canggih di Bidang Kesehatan


Dunia kesehatan kini sudah tak lepada dari teknoligi digtital yang canggih. Kemajuan teknologi yang begitu pesat berdampak juga pada bidang kesehatan. Perkemganagn teknologi berpersan membantu para dokter dan praktisi kesehatan membangun mutu perawatan kesehatan yang lebih baik.

Lalu, apa saja sih teknologi canggih yang di gunakan dibidang kesehatan saat ini? Penasarankan? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence merupakan salah satu teknologi yang berperan petning dalam mendesain ulang perawatan kesehatan yang sudah ada. Algoritma Al memudahkan pasien mendapatkan pelayananan dan bantuan medis secara cepat dan tepat. Begitu juga bagi tenaga medis, alat ini memepercepat penganan pasien, membantu menganlisa penyakit seperi jantung koroner, bahkan meresepkan obat yang sesuai untuk pasien Shenina Cinnamon.

2. Augmented Reality

Alat medis ini sering digunakan saat dokter melakukan pemeriksaan sebelum opeasi, seperti CT Scan atau MRI, yang dapat memberikan gambaran kepada ahli bedah tentang anatomi internal pasien. Penggunaan augmented reality juga akan membantu pasien mendapatkan informasi yang lengkap  dan akurat tentang penyakitnya

3. Teknologi Nano

Teknologi Nanao disebut sebagai revolusi baru dengan meciptakan zat dengan ukuran kecil hingga satu per milliar meter. Teknologi Nanao yang saat ini sedang dalam pengembangan. Penelitiannya melibatkan penggunaan robot berukuran nano yang digunakan untuk melakukan pengobatan di tingkat sel.

Lihat juga : Catlin Halderman

4. Robotik

Saat ini sudah ada sejumlah robot yang sengaja dibuat untuk memudahkan dokter mendeteksi, mengobati penyakit dan membantu merawat pasien. Mulai dari robot companions hingga robot bedah mulai dikembangkan.

Robot-robot tersebut berfungi untuk membantu terapi berjalan, mengobat masalah keshatan mental hingga mengingatkan waktu minum obat. Robotik ditanami sensor sentuh, akmera dan mikrofon untuk memaksimakan fungsinya. Beberapa contoh robot dalam bidang kesehatan adalah Jibo, Pepper, Paro dan Buddy.

Lihat juga : Capybara

5. Revolusi penemuan obat

Revolusi penemuan obat atau In Silico Trials memberikan simulasi komputer untuk pengembangan obat. Alat ini dapat menguji obat-obat baru pada pasien virtual dan memberikan informasi takaran dosisi secara tepat dan cepat.

6. Tricorder Medis

Tricorder medis adalah perangkat portable yang bisa memindai kondisi medis penggunanya. Alat ini mampu mengukur tanda-tanda vital kesehatan seperti tekanan darah, temperatur dan denyut jantung manusia. Dari data yang didapat, alat ini akan melakukan analisis dan mendiagnosa kondisi kesehatan pengguna.

7. Perguruan genome

Teknologi pengurutan genoma digunakan sebagai informasi mendasar tentang tubuh manusia meliputi kepekaan obat, kondisi media multifaktorial atau monogenik dan mampu melihat riwat medis keluarga. Data-data tersebut dapat digunakan untuk menentukan perawatn dan pengobatan yang efektif dan efisen untuk pasien.

Demikianlah beberapa teknologi canggih dalam bidang Kesehatan. Tak hanya kesehatan saja teknologi canggih juga kini tersedia di Handphone.  Kamu dapat bermain game Mobile Legends dengan Hero Mathilda menggunakan handphone canggih!

Semoga informasi diatas bermanfaat yah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membongkar Keajaiban Teknologi Digital: Transformasi Mendalam di Era Modern

Pengertian Hard Disk: Otak Penyimpanan Data pada Komputer

Panduan Penggunaan Aplikasi Discord: Membangun Komunitas dan Berkomunikasi Lebih Efisien